Diberdayakan oleh Blogger.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar dan Tujuan mempelajari ilmu budaya dasar

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari sebagian dasar-dasar kebudayaan,
dan budaya itu sendiri merupakan salah satu jiwa dari nilai-nilai yang ada di masyarakat dan mempelajari tentang bagaimana cara untuk mengembangkan keperibadian setiap individu dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut tentang orang lain, alam di sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

sedangkan arti kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Menurut beberapa para ahli arti kebudayaan itu sendiri yaitu :
1. Menurut Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun
darisatu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.
2. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.
3. Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. dan yang terakhir,
4.Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Tujuan ILMU BUDAYA DASAR BAGI MAHASISWA yaitu ;
untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.


Sekian Dari saya semoga Tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi teman-teman dan dapat memahami arti kebudayaan yang sesungguhnya serta menjadikan teman-teman menjadi lebih berbudaya.

0 komentar:

Posting Komentar